Kriuknya Kepiting Telur Asin


Kepiting, ternyata bisa diolah dengan berbagai citarasa yang benar-benar berhasil menggoyang lidah. Caranya pun begitu mudah. Bahkan, bagi Anda yang pemula sekalipun, dijamin mampu menyuguhkan hasil olahan berbahan kepiting dalam citarasa penuh selera.
Di tangan Fendi, senior chef di Big Ocean Seafood Kitchen di kompleks MEX Building, Surabaya, kepiting lokal bisa disulapnya menjadi sajian yang sungguh luar biasa dengan rasa mendunia. Kepiting telur asin adalah salah satu menu unggulan di Big Ocean yang dipromosikan Fendi sebagai racikannya yang paling banyak dicari pelanggan Big Ocean. Selain steam ikan kerapu masak bawang putih atau sup kepala ikan yang disuguhkan dalam nuansa restoran yang elegan bergaya hitam putih.
“Sampai-sampai ada pelanggan dari Purwokerto Jawa Tengah yang ketagihan kepiting telur asin racikan sehingga rutin menyempatkan hadir ke Big Ocean,” ujar Fendi, jauh dari kesan menyombongkan diri.
Fendi, chef asal Jakarta yang mengantongi jam terbang puluhan tahun di sejumlah restoran besar di Indonesia (dari Hailai Jakarta hingga Top Ten Surabaya) itu dengan enteng meyakinkan, “Tidak ada rahasia dalam menyuguhkan menu berbahan dasar kepiting lokal menjadi suguhan yang istimewa, asalkan memahami benar cara-cara mengolahnya.”
Seperti seni kuliner Tiongkok, tutur Fendi, yang harus diolah cepat dan disantap segera mungkin selepas dimasak untuk menghasilkan citarasa menu yang terjaga, demikian juga mengolah masakan berbahan sari laut ini. “Bahan-bahannya harus segar dan diolah dengan cepat dan disantap sesegera mungkin setelah dimasak,” tekannya.
Pun dalam mengolah menu berbahan sari laut, apakah itu kepiting, udang, atau ragam ikan, semakin segar bahan-bahan yang dibutuhkan semakin berkualitas citarasa yang bisa disuguhkan.
Fendi juga menyarankan, tidak perlu menggunakan kepiting impor, cukup kepiting lokal (kalau bisa pilih yang jantan ukuran empat ons) dan bukan kepiting betina atau kepiting telur. “Kepiting telur betina hanya banyak telurnya namun dagingnya hanya sedikit,” jelasnya.
Selain itu pilih kepiting yang berbadan padat, berwarna hitam kecokelat-cokelatan, dan ukuran empat ons atau lebih. Bumbu-bumbu lokal juga lebih banyak digunakan Fendi untuk menyiasati aroma amis pada bahan-bahan sari laut. Jahe misalnya, digunakan jika bahan sari laut beraroma amis. Yuk langsung saja turun ke dapur memasak kepiting telur ikan asin. Tri ***

sumber: SURABAYA | SURYA Online


Comments :

0 komentar to “Kriuknya Kepiting Telur Asin”

Posting Komentar