Ragam Trik Mengolah Resep Bebek


Daging bebek bisa diolah menjadi beragam resep masakan. Mulai dari resep sapo bebek, resep bebek peking, sampai resep bebek teriyaki. Mana pilihan resep Anda? Jika selama ini Anda biasa menyajikan resep olahan daging ayam untuk keluarga tercinta, sesekali cobalah memberi resep kejutan. Hidangkan olahan dari daging bebek. Ragu-ragu? Tak perlu. Sebab, jika resep dimasak dengan benar, daging bebek bisa menjelma menjadi santapan yang mengguggah selera. Executive chef Hotel Ibis Kemayoran, Bambang Iwan Suharto, membagi resep triknya untuk Anda.



Resep masakan dengan bahan utama daging bebek sebetulnya ada di hampir setiap daerah di Indonesia. Hanya saja, cuma beberapa resep yang populer. ''Seperti resep gulai itik cabai hijau dari Sumatera Barat, resep bebek betutu dari Bali, dan resep bebek goreng ala Jawa Timur,'' papar Bambang.

Olahan resep dari bebek memang kalah populer dibandingkan dengan resep sajian berbahan unggas lainnya seperti ayam. Levelnya setara dengan burung dara. ''Itu karena dagingnya yang keras dan alot,'' ungkap Bambang. Meski begitu, ada saja yang menjadi penikmat daging bebek. Indra Basuki, salah satunya. Pekerja seni asal Jawa Barat ini jatuh cinta dengan resep masakan bebek setelah mencicipi resep bebek goreng di pinggir jalan kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur. ''Bebeknya empuk sekali,'' cetusnya. Rahasia resep di balik keempukan daging bebek rupanya terletak pada dua hal yang tampak sepele. Pertama, pemilihan umur bebek. Kedua, pengolahan awal.

Seperti burung dara, bebek muda memiliki daging yang lebih empuk ketimbang yang sudah tua. Gampangnya, pilih saja bebek yang ukurannya sedang. Trik ini berlaku untuk bebek lokal. ''Sebab, umumnya daging bebek impor sama empuknya dengan ayam,'' ujar Bambang. Daging bebek muda tersebut kemudian direbus sebelum dimasak sesuai resep. Bambang menyarankan untuk merebus daging bebek itu dengan aneka resep rempah. ''Perebusan dengan resep rempah-rempah tidak cuma membuatnya empuk. Bau amisnya juga hilang.''

Dibutuhkan serai, jahe, bawang putih, dan resep daun jeruk untuk membuat lunak sekaligus melenyapkan bau amis bebek. Lamanya perebusan mencapai satu jam lebih. ''Setelah itu, bebas dikreasikan menjadi resep masakan apa saja.''

Beragam resep masakan
Bebek bisa diolah menjadi aneka jenis resep masakan. Dengan atau tanpa kuah sama lezatnya. Agar lebih cepat akrab di lidah, Bambang menyarankan agar resep yang populer dipilih saat mengolah bebek. ''Tapi, jangan coba-coba memasak satai bebek dari kondisi mentah. Dijamin, sulit memakannya.''

Lima variasi sajian dari bebek diperkenalkan Bambang selama bulan promo bebek di Hotel Ibis Kemayoran yang berlangsung hingga pertengahan April mendatang. Ada resep nasi goreng bebek, resep sapo bebek, resep bebek peking, resep bebek teriyaki, dan resep bebek goreng kuning. ''Resep yang sudah merakyat dapat terasa berbeda begitu dipadukan dengan bebek.''

Bebek bisa dipakai untuk menggantikan ayam, daging sapi, atau daging kambing pada resep nasi goreng. Untuk menawarkan rasa amis, masak saja nasi goreng margarin lengkap dengan resep taburan kacang polong. Rasa asinnya yang dominan membuat daging bebek menjadi lebih lezat.

Sementara itu, resep sapo bebek dengan potongan paprika hijau dan merah yang berlimpah juga bisa membuat lidah berdansa. Rasa gurih, pedas, dan manis berpadu selaras. ''Tentunya lebih nikmat disajikan saat kuahnya masih hangat,'' ucap Bambang.

Bebek peking merupakan alternatif resep masakan bebek lainnya. Yang satu ini malah jauh lebih terkenal ketimbang resep lokal. ''Selain kegaringan kulitnya, keempukan daging bebeknya juga menjadi keunggulan masakan asli Cina ini,'' tutur Bambang.

Konon, bebek peking diberi pakan unggas yang amat bernutrisi. Faktor pakan ternak inilah yang memungkinkan bebek peking berdaging lunak. ''Sayangnya, di Indonesia, nutrisi pakan unggas tidak terlalu diperhatikan,'' sesal Bambang.

Di Beijing, bebek peking menjadi santapan yang banyak diincar, termasuk oleh wisatawan. Seperti juga di negara asalnya, restoran Cina di Indonesia juga menggantung bebek panggangnya di lemari kaca. Bebek panggang dengan kulit berwarna kemerahan itu tentu menggoda selera. ''Saat menyantapnya, tak ada aroma anyir yang bakal tercium. Yang ada hanya kulit bebek yang renyah dan daging lembut yang memanjakan indera pengecap,'' imbuh Bambang.

Meski mulai banyak yang mengenal sedapnya resep bebek peking, resep olahan tradisional dari bebek tak serta-merta tersingkir dari meja hidang rumah makan pinggir jalan hingga restoran berkelas. Apalagi jika bukan karena keunikan rasanya. ''Bebek goreng plus sambal dan lalap tetap menjadi pilihan terfavorit banyak orang. Sebagai penutup, resep jus belimbing bisa menyegarkan.'' Hmmm...sedap! ***

Comments :

1
Tukang Sapu mengatakan...
on 

this is my fav

bebek hewan lucu yg kalo dah dimasak jadinya enak

Posting Komentar